Rahasia Pemasangan Paving Block Kuat Dan Bagus

Rahasia Pemasangan Paving Block Kuat Dan Bagus
Paving block atau disebut terhitung concrete block jadi alternatif favorit untuk pengerasan jalan dan terhitung halaman rumah. Paving block tersedia di dalam beragam ukuran, warna dan corak sehingga sanggup disesuaikan bersama dengan kebutuhan. Paving block terhitung terbilang ramah lingkungan sebab air selamanya sanggup meresap lewat celah-celah dari susunan paving block.

Bila Anda tertarik untuk memakai paving block, sebaiknya lakukan pekerjaan pemasangan paving block bersama dengan benar. Sebab kalau tidak, maka permukaan paving block jadi gampang bergelombang. Lalu bagaimana langkah pakai paving block sehingga kuat dan bagus? Ada lebih dari satu tahapan yang kudu dilaksanakan bersama dengan cermat. Berikut ini langkah pemasangan paving blok selengkapnya tips memilih paving block .

Menyiapkan struktur lahan atau pondasi yang padat
Jangan terburu-buru menempatkan paving block kalau lahan belum disiapkan bersama dengan baik. Untuk itu membersihkan lahan dari sampah dan rumput. Kemudian lakukan perataan permukaan lahan, tutuplah lubang dan ratakan gundukan-gundukan tanah.

Jika lahan memerlukan pengurugan, hamparkan material urugan di atas tanah padat lalu padatkan bersama dengan memakai roller atau sanggup terhitung bersama dengan stamper kuda. Hindari meratakan atau menutup lubang-lubang bersama dengan memakai pasir alas. Proses pemadatan ini sebaiknya disertai pula bersama dengan penyiraman air sehingga diperoleh kepadatan urugan yang sempurna. Bila paving block hendak dipasang di jalan yang dilalui kendaraan, maka pastikan pondasi punyai kemiringan 2,5%. Sedangkan untuk trotoar pastikan kemiringannya 2% jasa pengaspalan jalan .

Pemasangan beton pembatas dan beton penyokong
Beton pembatas atau beton kanstin merupakan tidak benar satu bagian perkerasan block beton terkunci yang berfaedah menjepit dan mencegah paving block sehingga tidak berganti selagi mencegah beban. Adapun beton pembatas ini tersedia yang berwujud beton pracetak dan tersedia pula yang berwujud beton cor di tempat. Jika memakai beton pembatas dari beton pracetak, maka beton pembatas kudu dipasang di atas beton penyokong. Tujuannya tak lain sehingga berlangsung ikatan yang kuat pada beton pembatas dan pondasi sehingga tak gampang bergeser Jasa Pasang Paving Block .

Untuk menempatkan beton pembatas dari beton pracetak, pertama-tama tebarkan selapis beton penyokong bersama dengan ketebalan sekurang-kurangnya 7cm. Lalu pakai beton pembatas di atas beton penyokong yang masih berada di dalam situasi basah. Pastikan ketinggian dan kelurusan beton pembatas cocok bersama dengan benang pembantu. Selanjutnya tambahkan adukan beton di bagian belakang beton pembatas. Bila beton penyokong sudah setengah kering, timbunlah bersama dengan tanah. Pastikan kualitas beton penyokong sekurang-kurangnya fc’ 17,5 MPA.

Adapun beton pembatas kerap dipadukan bersama dengan tali air dan mulut air sebagai saluran untuk menyingkirkan air hujan. Jika pertemuan pada beton pembatas dan susunan blok tidak diberi tali air, maka kebanyakan beton pembatas gampang sekali terkena gesekan roda kendaraan.

Menghamparkan pasir alas
Pasir untuk alas merupakan pasir bersama dengan ketebalan khusus yang dipakai sebagai alas peletakan paving block. Pasir alas sebaiknya berwujud pasir kasar bersama dengan besaran butiran maksimal 9,5 mm. Pastikan pula pasir untuk alas bersih dari lumpur dan kotoran-kotoran lainnya. Pada selagi digunakan, pasir alas kudu berada di dalam situasi kering atau paling tidak punyai kandungan air tidak cukup dari 10%

Hamparkan pasir alas secara merata bersama dengan ketebalan pada 5cm hingga 6cm. Jika luas lahan lebih dari 3m, lakukan penghamparan pasir alas secara bertahap. Setelah dipadatkan, ketebalan pasir alas tak boleh lebih dari 5cm. Ketebalan yang seragam sanggup didapat bersama dengan Mengenakan alat perata berwujud jidar kayu ikuti rel pembantu dari blok beton yang disusun sejajar memanjang atau sanggup terhitung bersama dengan Mengenakan benang pembantu.

Jika pekerjaan pemasangan paving block tidak selesai di dalam satu hari, maka sisakan kira-kira 1m pasir alas dari baris paving block terakhir. Nantinya pasir alas yang belum sempat terpasang paving block kudu digemburkan dan diratakan kembali. Adapun jumlah pasir alas yang diperlukan untuk ketebalan 50mm tidak cukup lebih 5m3 untuk tiap-tiap 100m2 paving block.

Pemasangan paving block dari satu arah
Lakukan pemasangan paving block baris pertama bersama dengan hai-hati. Pola yang baik sanggup dihasilkan kalau pemasangan dilaksanakan bersama dengan ikuti benang pembantu dan bersama dengan sudut yang tepat pada beton pembatas. Sementara itu untuk lubang-lubang tepi sanggup diisi bersama dengan pemadatan. Pemasangan paving block dilaksanakan bersama dengan langkah maju ke depan dan pekerja pemasangan berada di atas paving block yang sudah terpasang.

Untuk hasil yang baik, pemasangan paving block sebaiknya dilaksanakan dari satu arah. Jika kudu dilaksanakan dari dua arah, maka sebaiknya sudut pola pertemuan atau perubahan sudut diberi pembatas bersama dengan pola susun bata melintang.

Finishing yang benar
Jika seluruh paving block sudah terpasang, sesudah itu lakukan pengisian pada nat paving block bersama dengan memakai abu batu. Setelah itu padatkan paving block bersama dengan baby roller atau stamper kodok sebanyak satu kali putaran hingga dua kali putaran. Tujuannya sehingga terlihat type saling mengunci pada paving block. Kemudian barulah membersihkan permukaan paving block dari sisa-sisa abu batu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.